yorel

yorel
it's me

Blog Content

Selasa, 05 Januari 2016

EKOLOGI DAN ARSITEKTUR


Seperti yang kita ketahui, ekologi merupakan pengaruh yang diberikan oleh lingkungan terhadap mahkluk hidup didalamnya. Arti dari lingkungan itu sendiri sangat luas, tidak hanya menyangkut pada alam tetapi juga berbagai aspek lain disekitarnya. Atas pengetahuan itulah arsitektur pun dapat menyangkut berbagai hal ekologi yang juga memperhatikan keselarasan antar alam dan kepentingan manusia sebagai penghuninya.

Pembangunan rumah atau tempat tinggal sebagai kebutuhan kehidupan manusia dalam hubungan timbal balik dengan lingkungan alamnya dinamakan arsitektur ekologis atau eko-arsitektur.

Dalam pembahasannya arsitektur ekologis dapat menyangkut bagian bagian lainnya seperti:
  • Arsitektur Biologis
  • Arsitektur Surya
  • Arsitektur Bionik
  • Arsitektur Alternatif
  • Serta Pembangunan Berkelanjutannya
Arsitektur Ekologis tidak dapat menentukan secara pasti sifat atau ciri khas yang menjadi standar atau ukuran baku, melainkan hanya dinilai dari keselarasan hubungan antar manusia dengan lingkunan alamnya. Ini berartikan arsitektur ekologis bersifat kompleks, fleksibel dan padat dibandingkan dengan arsitektur pada umumnya. Sehingga dengan menerapakan arsitektur ekologis maka hal inilah yang dapat mendukung pengurangan kerusakan lingkungan yang diakibatkan dari pembangunan(arsitektur) itu sendiri.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar