yorel

yorel
it's me

Blog Content

Minggu, 22 November 2015

GIANT SEA WALL

GWS 4
 

Giant Sea Wall adalah salah satu proyek pembangunan tanggul laut di bagian utara Jakarta. Proyek ini sendiri berasal dari pemerintah provinsi DKI Jakarta dan mungkin akan terselesaikan tahun 2030 mendatang. Proyek ini memiliki beberapa tujuan yang mana diantaranya adalah:
1. Mengatasi Banjir Di Jakarta
2. Mencegah Penurunan Tanah yang dikarenakan pengambilan Air Tanah yang berlebihan
3. Menampung Air Bersih yang lumayan Banyak

Proyek ini sendiri tidak dibiayai langsung oleh pemerintah DKI Jakarta, melainkan akan ditangani Investor yang dipilih dan disetujui oleh Pemerintah. Seperti yang diberitakan SCBD , Presiden Joko Widodo lah yang akan menangani langsung Proyek ini, beserta pula pemilihan investor yang sudah banyak mengantri untuk menangani proyek ini. Hal ini dikarenakan proyek ini akan menjadikan keuntungan yang besar bagi para investor tersebut. Sementara untuk pembagian lahan, disebutkan bahwa dari 5100 hektar yang akan dibangun, hanya 55% nya saja yang akan dijual sedangkan sisanya akan dibangun untuk infrastruktur, Ruang terbuka hijau(RTH), waduk serta fasilitas sosial atau fasilitas umum lainnya. Diberitakan pula bahwa pemerintah juga mendapat bagian sekitar 5% dari total lahan tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Tanggapan saya mengenai proyek ini:
Saya sangat mendukung penuh akan pembangunan proyek ini, karena tujuan proyek ini akan sangat menguntungkan bagi warga Jakarta khususnya. selain karena untuk mengendalikan banjir yang sering menimpa Jakarta, proyek ini juga dapat membuka lahan Ruang terbuka hijau disamping padatnya penduduk di kota Jakarta. Mungkin memang banyak yang berpikir jika lebih baik kalau biaya pembangunan tersebut digunakan untuk hal-hal sosial, tetapi pasti dampak positif baru akan terasa jika pembangunan benar-benar sudah selesai. Dampak tersebut bukan hanya dalam segi pembangunan, pula akan mempengaruhi berbagai aspek sosial dan lingkungan bagi warga Jakarta. Misalnya, akan ada lapangan kerja baru, kemacetan yang berkurang, penghijauan lingkungan dan pembangunan sumber daya/energi bagi kebutuhan Warga Jakarta sendiri. Ada baiknya kita dapat mendukung penuh apa yang pemerintah kita lakukan dengan tanpa memandang segala sesuatunya negatif.

sumber:
SCBD 
Liputan6
Ahok.Org

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar