yorel

yorel
it's me

Blog Content

Selasa, 03 November 2015

RANGKUMAN BUKU ARSITEKTUR DAN LINGKUNGAN

 

Pada pendahuluannya buku ini menerangkan tentang bagaimana arsitektur dapat berhubungan dengan lingkungan melalui pengertian arsitektur biologis. Dimana diterangkan bahwa arsitektur biologis adalah salah satu ilmu yang dapat menghubungkan manusia dengan lingkungannya dengan fungsi penyeimbang (antara alam-manusia) agar tercipta hubungan yang harmonis antar keduanya.

Terdapat pula penjelasan mengenai lingkungan dalam pengertian ruang dengan bagian-bagian didalamnya seperti alam, manusia, masyarakat dan bangunan. Hal itu membuat penulisan buku dapat difokuskan pada fungsi dan data ukuran arsitektur dengan lingkungannya.
  • Fungsi yang dimaksud adalah bagaimana sebuah karya arsitektur dapat menciptakan sebuah bangunan yang menguntungkan bagi manusia dan lingkungannya.
  • Sedangkan Data Ukuran yang dimaksud adalah bagaimana ilmu pengetahuan (khususnya dalam bidang teknik) dapat mendukung Fungsi yang ada bagi sebuah arsitektur.
Banyak sekali data-data ukuran yang dijelaskan dalam buku ini, seperti misalnya :
  • Cara konstruksi bangunan
  • Energi dan Bahan bangunan
  • Penerapan Ruang dan Bentuk
  • Penyesuaian Ukuran dan Proporsi bangunan
  • Pengaruh Iklim terhadap bangunan
Dilain hal, penjelasan mengenai lingkungan juga ditulis dalam buku ini. Dimana lingkungan yang dimaksudkan bukan hanya lingkungan alam saja, tetapi juga menjelaskan tentang lingkungan buatan dan lingkungan sosial ekonomi. Dan hal-hal mengenai lingkungan inilah yang akan menjadi bagian dari masalah bagi pembangunan. Contoh dari masalah yang dimaksud semisalnya adalah menjadi berkurangnya lahan terbuka hijau(lingkungan alam), pemborosan energi dan sumber alam(lingkungan buatan) & biaya pembangunan yang terbatas(lingkungan sosial ekonomi).

Maka dari itu proses perencanaan dan perancangan bangunan yang baik harus dengan mempertimbangkan arsitektur biologiknya, dengan tujuan terciptanya keselarasan antara manusia dan lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar