yorel

yorel
it's me

Blog Content

Rabu, 14 Oktober 2015

#2 RESPON ARSITEKTUR DAN LINGKUNGAN

 

Pada dasarnya alam adalah salah satu bagian penting dari kehidupan manusia. Berlangsungnya kehidupan manusia sangat bergantung pada lingkungan alam sekitarnya. Maka dari itu dengan memanfaatkan akal budinya manusia dapat memanfaatkan alam sebaik-baiknya, bahkan sampai pada "menguasai" alam itu sendiri. Dengan tidak hanya dipergunakan, alam terkadang tidak dirawat/dibudidayakan oleh manusia yang menggunakannya. Sehingga timbulah akibat-akibat dari kerusakan alam bagi kehidupan manusia. Itulah alasan dari penerbitan buku Arsitektur Lingkungan ini. Bukan hanya pembahasan mengenai dampak dari sebuah bangunan terhadap lingkungan, tetapi pula menerangkan tentang solusi, pencegahan(dampak buruk), pengaruh serta detail fisikal dan biologis bagi perkembangan Arsitektur zaman ini. Buku ini pula memberikan data-data pasti melingkup arsitektur dan lingkungannya.

Seperti yang sudah dijelaskan, buku ini juga menjelaskan tentang berbagai hal yang detail maupun umum. Itu berarti pendeskripsian buku dijelaskan secara luas dan saling berhubungan. Hal itu dapat dilihat dari penjelasan bagaiman sejarah, waktu, ruang dan fungsinya yang menghubungkan tentang arsitektur dan lingkungan.

Selain itu buku ini juga memberikan penjelasan yang lengkap terhadap praktek lapangan dari sebuah bangunan, yang disertai pula dengan gambar-gambar mengenai material, denah serta proses-proses pembangunan, perencanaan dan perancangan bangunan itu sendiri.

Dibuku ini pula menjelaskan tentang arsitektur tradisional yang berkembang dan mempengaruhi arsitektur jaman ini yang semuanya menjelaskan bagaimana lingkungan alam itu adalah bagian awal sebuah bangunan dapat didirikan, diterapkan, dan diadaptasi untuk bangunan jaman ini. Sehingga pula dapat mempengaruhi perkembangan desain arsitektur moderen.

Dari berbagai respon positif diatas, buku ini pula masih memiliki sedikit kekurangan. Seperti misalnya masih banyaknya tulisan yang hanya bersifat opini tanpa alasan atau bukti yang pasti. Dan juga gaya bahasa yang masih bertele-tele dalam penjelasannya.

Tetapi secara keseluruhan buku ini memiliki penjelasan yang sangat baik untuk dibaca. Khususnya bagi arsitek-arsitek jaman ini, menurut saya buku ini dapat mempengaruhi pola pemikirannya terhadap arsitektur dan lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar