yorel

yorel
it's me

Blog Content

Selasa, 05 Mei 2015

MENEMUKAN KEBAIKAN DARI PENDERITAAN


Penderitaan adalah salah satu hal yang paling banyak tidak diingini oleh semua manusia. Itu disebabkan karena menderita selalu mengarah pada dampak  yang buruk. Sehingga setiap orang akan mencoba berusaha untuk mencari cara bagaimana ia dapat menghindari penderitaaan.

Penderitaan yang dimaksud bisa berasal dari suatu hubungan, penyakit, pekerjaan dan lain sebagainya. Bahkan banyak orang yang dapat mengambil keputusan yang salah hanya karena penderitaan hidupnya, seperti contohnya jika kita lihat di berita banyak orang yang bunuh diri karena hubungan yang kandas, membunuh seorang yang tidak dapat menerima “cinta” nya dan sebagainya. Hal itu adalah bukti bahwa penderitaan akan membawa dampak negatif bagi fisik maupun psikis setiap orang.

Yang menjadi masalah lainnya adalah, apakah ada cara bagi setap orang untuk mengatasi suatu penderitaan jika menghindar dari penderitaan adalah sesuatu yang salah?

Beberapa cara untuk mengatasi penderitaan adalah

1.       Mengubah pola fikir manusia akan penderitaan menjadi suatu yang bertujuan. Maksudnya adalah seseorang yang merasa dirinya menderita harus dapat menetukan apa maksud ia harus menderita, Apakah ada suatu hal pembelajaran dari suatu penderitaan yang ia alami? Dan bagaimana penderitaan itu dapat membantu ia untuk berubah menjadi orang yang lebih baik lagi.

2.       Belajar untuk merasakan(bersimpati) akan penderitaan orang lain. Dengan itu secara tidak langsung seseorang akan mencoba untuk menemukan jalan keluar dari apa yang ia lihat dari orang lain.

3.       Membaikkan segala sesuatunyaa. Maksudnya adalah jika melihat sebuah penderitaan sebagai rencana dari Yang Maha Kuasa, kita akan menciba berfikir bahwa penderitaan itu adalah salah satu hal yang baik bagi kehidupannya.

4.       Berdoa untuk pertolongan dan mencoba bersyukur atas segala sesuatunya. Tidak bisa dipungkiri jika suatu keyakinan adalah salah satu alasan mengapa kita dapat ditolong untuk mengatasi segala sesuatunya.
 

Cara diatas adalah adalah cara terbaik dalam menghindari suatu penderitaan yang meresahkan, karena selain cara tersebut tidak berdampak buruk, itu juga dapat memiliki tujuan yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar