yorel

yorel
it's me

Blog Content

Selasa, 05 Mei 2015

INDAHNYA PERBEDAAN



Setiap manusia pasti punya perbedaannya masing-masing. Dengan perbedaan itu orang-orang akan terlihat keunikannya tersendiri. Yang terlihat jelas mungkin bisa dilihat dari fisiknya, ada yang memiliki kulit putih-merah seperti orang eropa, putih pekat seperti orang Cina( termasuk jepang dan korea lah karena memang saya engga terlalu terlihat bedanya sih), kuning langsat kayak orang Indonesia (yang biasanya juga disebut Sawo Matang), dan bahkan hitam seperti penghuni negeri afrika ,dan yang mungkin masih memiliki perbedaan warna dengan pemilik kulit hitam orang Indonesia. Selain dari kulit perbedaan juga dapat dilihat dari ukuran tubuh, warna rambut, mancung peseknya hidung dan lain sebagainya. Selain tampak dari fisik, hal perbedaan lain dari setiap manusia juga bisa dilihat dari segi psikologisnya,seperti cara berfikir, berpendapat, sifat, tingkah laku dsb. Dan bahkan setiap viewers blog ini pun memiliki cara pandang yang berbeda tentang isi dari blog ini bukan?? Kenapa bisa seperti itu?? Menurut sisi biologisnya hal ini mungkin karena manusia memiliki jumlah sel, dna dan gen yang berbeda. Logikanya, kalau dua buah dadu saja memiliki perbandingan 1 banding 36 untuk keluar angka yang sama, bagaimana bisa manusia yang memiliki jutaan sel ditubuhnya bisa memiliki kesamaan?? (menurut biologi atau matematika ya?hhmmm)

Perbedaan perbedaan diatas bukan saya sebutkan dengan maksud untuk penghinaan akan SARA ya. Saya hanya ingin menjelaskan tentang bagaimana perbedaan itu memiliki arti yang mendalam bagi setiap orang. Ada yang berpandangan secara positif maupun negatif tentang perbedaan itu sendiri. Penjelasannya kalau kita melihat dari salah satu asas berdirinya indonesia terbilang “ Bhineka Tunggal Ika”, itu bukan berarti di Indonesia tidak adanya insiden perusakan rumah ibadah, perang antar suku, maupun pelecehan antar partai ataupun sesama partainya sendiri. Dengan tanpa maksud sindiran dari kata-kata saya, saya hanya ingin coba menyampaikan pertanyaan inti saya “ apa arti bhineka tunggal ika yang sebenarnya?? ” Jika memang benar Indonesia berdiri karena perbedaan, apakah karena perbedaan pula arti asas tersebut menjadi disalah artikan?? Jadi Bhinneka tunggal ika: “berbeda tetapi tetap satu” atau “bersatu tetapi tetap beda”??


Mungkin benar jika kata-kata yang saya susun sedikit terlihat aneh dan kurang baik, tetapi saya tahu jika para viewers tahu benar maksud dari pertanyaan saya. Dan menurut saya jawaban paling tepat adalah kita bersatu karena kita berbeda, dan itulah maksud yang sebenarnya kita tahu sejak kecil. Karena tidak ada kalimat yang menjelaskan jika perbedaan dibentuk karena persatuan. Setiap orang ingin bersatu karena mereka melihat diri mereka berbeda. Dan landasan dari persatuan itu pula adalah tentang keselarasan dan keadilan, dengan maksud untuk menjelaskan bukan tentang kecil besarnya beban yang kita bawa tetapi tentang beban yang berkurang karena kita bersatu. Sehingga hal tersebut dapat membantu kita untuk mengembalikan prinsip awal kita tentang bagaimana indahnya suatu kerukunan, pertemanan, kedamaian, kebersamaan dapat mewujudakan Indahnya perbedaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar