yorel

yorel
it's me

Blog Content

Sabtu, 16 Mei 2015

LOOK UP, TENTANG YANG MAYA ATAU YANG NYATA






Para youtubers mungkin sudah pernah menonton video ini, ya video Look Up. Video yang sudah ditonton oleh 50juta orang ini adalah video tentang pandangan seseorang tentang bagaimana teknologi (khususnya handphone) yang tujuan awalnya memudahkan komunikasi, malah menghancurkan hubungan dengan sekitarnya. Sehingga ada kata-kata dari teknologi yang sering dibilang "mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat".


Ya mungkin video ini menjelaskan tentang bagaimana kita harus menghidupi kehidupan nyata kita dibanding mengurusi kehidupan maya kita. Tetapi hal itu bukan berarti langsung mempengaruhi setiap 50juta orang yang menonton video ini. Banyak dari mereka yang menentang dengan alasan manusia tidak bisa hidup tanpa teknologi jaman ini, teknologi tidak selalu berdampak negatif, teknologi itu dibuat untuk memudahkan.. Bahkan ada mengejek bahwa video ini pun dibuat dengan teknologi.


Hal itu menunjukan jika kecanduan manusia jaman sekarang akan teknologi pun dapat membutakan manusia akan hal baik bahkan dari setiap hal negatif yang perlahan mereka mempengaruhi.


Menurut pandangan saya video ini bukan untuk menjauhkan kita dari penggunaan teknologi atau untuk benar benar menghilangkan teknologi dari hidup kita. Video ini hanya ingin kita dapat membatasi ketergantungan kita akan teknologi. Kita diajari untuk lebih dapat bisa mementingkan dunia sekitar kita daripada dunia maya. Memang benar dijaman sekarang kita membutuhkan teknologi untuk memudahkan pekerjaan kita, yang memang pada dasarnya itulah tujuan awal pembuatan teknologi itu sendiri. Tetapi janganlah sampai kemudahan itupun bisa membawa dampak negatif kedalam kehidupan sosial sekitar kita. Hanya sadarlah akan kehidupan nyata kita, senyum pada orang sekitar dan berbicaralah kepada mereka. Karena hal itu dapat mempengaruhi arah hidup kita dibanding jika hanya bergantung dengan teknologi yang semu.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar