yorel

yorel
it's me

Blog Content

Rabu, 17 Januari 2018

KRITIK ARSITEKTUR


TUGAS PERTAMA
 
 Proyek Perumahan UBM adalah tanggapan Universitas Bunda Mulia terhadap masalah lalu lintas terburuk di Jakarta sebagai salah satu kota besar dengan jumlah penduduk di atas 10 juta dan semakin banyak siswa di luar kota yang masuk universitas setiap tahunnya. Terletak dalam jarak lima menit berjalan kaki dari kampus, fasilitas perumahan siswa seluas 11.600 meter persegi mencakup pasar mini di tempat, ruang serbaguna, ruang pelajar, kafetaria, binatu, ATM dan garasi parkir di bawah halaman dalam. • Arsitek IDE • Lokasi Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia • Arsitek Elsye Alam • Arsitek Konsultan PT. Ita Rahayu Utama • Tahun proyek 2014 • Foto Fernando Gomulya


Rencana Lantai Khusus Proyek ini mendekati tantangan masalah kepadatan perkotaan dan biaya perumahan dengan mengembangkan pusat kota yang dinamis di lingkungan dengan kepadatan tinggi yang dapat ditinggali sambil mendorong semangat masyarakat dengan menyediakan ruang interaksi dan koneksi visual tanpa mengorbankan kerahasiaan. Desain tersebut membahas masalah ruang bersama dan kebutuhan sosial dalam masyarakat kontemporer dan sekaligus menanggapi masalah kehidupan bersama dan individualitas dengan menawarkan keragaman ruang indoor / outdoor yang spesifik untuk konteks tropis.
Unit yang dinyalakan secara alami ditempatkan di sekeliling situs sebagai massa tipis yang membungkus ruang dalam yang terbuka yang menggunakan strategi perancangan sederhana untuk membuat halaman tengah dengan kualitas fungsional dan estetika yang menarik. Ruangan terhubung dengan udara terbuka dengan muatan ganda. koridor dengan bukaan menuju tikungan selatan untuk lobi lift, sudut utara untuk dapur dan lebih banyak bukaan menuju halaman untuk ruang bersama agar memungkinkan ventilasi silang dan siang hari menembus ke dalam koridor yang juga membantu memecah pengalaman berjalan di koridor panjang. Jendela tinggi dan sempit yang terbentang dari lantai ke langit-langit dipilih untuk memancarkan cahaya setinggi mungkin, sambil tetap membiarkan pantulan di lantai untuk unit.


Sistem fasad modular bersama elemen beton prefabrikasi memungkinkan konstruksi yang terjangkau dan rasional. Ini juga secara visual memungkinkan sebuah sistem memproyeksikan identitas merek branding universitas. Garis warna-warni menyamarkan volume besar fasad di sepanjang halaman dalam. Dengan mendistribusikan garis vertikal aksen warna, volumenya nampak bervariasi, namun bagiannya keseluruhan. Proyeksi arsitektur pada façade juga memberi kedalaman dan ringan saat memungkinkan perlindungan matahari dan hujan yang diperlukan. Proyeksi di sepanjang façade halaman dalam diputar untuk bertindak sebagai layar privasi untuk unit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar