yorel

yorel
it's me

Blog Content

Senin, 16 Mei 2011

Penemuan : Charge Handphone dengan suara


Baterai ponsel mulai habis? isi ulang saja lewat charge handhone , bagaimana jika mati lampu / dalam tengah perjalanan ?.. bingung.. Isi ulang saja baterainya dengan berbicara kepada handset. Tak perlu repot lagi mencari stop kontak.

Ya, ponsel kehabisan baterai telah menjadi keluhan umum dalam kehidupan jaman sekarang. Hal ini tak jarang membuat si pengguna ponsel kesal. Namun sebuah penemuan baru tampaknya akan bisa menjadi solusi alternatif bagi masalah ini. 




Adalah Dr. Sang-Woo Kim, seorang peneliti di Sungkyunkwan University, Seoul, yang mengembangkan teknologi itu. Teknologi ini bisa memanfaatkan energi berlebih dari suara yang dihasilkan seseorang ketika berbicara di ponsel mereka untuk mengisi baterai perangkat tersebut. Jadi, baterai ponsel dapat di-charge atau diisi ulang saat si penggunanya tengah berbicara menggunakan ponsel itu. 


Teknologi ini juga dapat memanfaatkan suara latar untuk mengisi ulang baterai saat tidak sedang digunakan. Dari mulai suara musik hingga kebisingan kendaraan bermotor, bisa menjadi energi untuk ponsel. 


Para insinyur berpendapat bahwa alam sekitar bisa menghasilkan energi , begitu pula dengan suara yang selalu hadir dalam keseharian bisa diubah menjadi bentuk energi .


Temuan Dr Kim dan timnya itu dapat mengubah suara 100 decibel ( setara dengan kebisingan lalu lintas ) untuk menghasilkan 50 millivolt listrik.


Saat ini, target penelitian lanjutan Dr Kim adalah meningkatkan komposisi zinc oxide di antara dua elektroda guna menghasilkan lebih banyak listrik dari energi suara yang lebih kecil








sumber 1 & 2 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar